Menebak Hari dan Minggu dari Suatu Tanggal dengan Fungsi WEEKDAY dan WEEKNUM

Sering kesulitan menebak nama hari di suatu tanggal? Apabila selisih hari ini dengan tanggal yang dimaksud tidak terlalu jauh, misal masih dalam hitungan bulan yang sama, tentu tidaklah sulit. Anda dapat menerka hari itu dengan lebih mudah. Akan tetapi, bagaimana jika selisih hari ini dengan hari yang dimaksud untuk ditebak ternyata telah mencapai berbulan-bulan atau bertahun-tahun? maka ajangan bingung , kali ini Rumuslengkap.com akan membahasnya untuk anda

Microsoft Excel merupakan lembar kerja yang memudahkan beragam bentuk operasi penghitungan dan olah data. Ada banyak fungsi yang bisa digunakan untuk menghitung lebih cepat dan tepat. Salah satunya yang akan dibahas kali ini yaitu menemukan nama hari tetapi dalam bentuk angka. Fungsi yang diperlukan yaitu WEEKDAY. Berikut ini penjelasannya.

Fungsi WEEKDAY digunakan untuk mengembalikan hari yang terkait dengan sebuah tanggal. Hari diberikan sebagai bilangan bulat yang berkisar dari 1 sampai 7, atau lebih jelasnya :

hari weekday

Penulisan sintax dari Fungsi WEEKDAY adalah

=WEEKDAY(serial_number,return_type)

 

Keterangan:

–  Serial_number : nomor urut yang merupakan tanggal hari yang ingin ditemukan. Sebelumnya tanggal tersebut harus dimasukkan dalam fungsi DATE, atau sebagai hasil dari fungsi atau formula yang lain. Contohnya =DATE(2008.5,23) untuk tanggal 23 mei 2008.

–  Return_type : angka yang menentukan jenis nilai bilangan berkisar antara 1 hingga 7.

 

Contoh penerapan

hari

Untuk mendapatkan nama-nama hari, maka dibutuhkan rumus tambahan dari fungsi CHOOSE:

=CHOOSE(WEEKDAY(A2,”Minggu”,”Senin”,”Selasa”,”Rabu”,”Kamis”,”Jumat”,”Sabtu))

 

Selain menentukan nama hari, biasanya minggu ke berapa juga membuat penasaran. Tanpa perlu melihat kalender dan menghitung satu persatu setiap minggunya, cara paling mudah yang bisa digunakan yaitu dengan fungsi WEEKNUM di Microsoft Excel.

Fungsi WEEKNUM digunakan untuk mengembalikan nomor minggu tanggal tertentu. Contohnya minggu yang berisi tanggal 1 Januari merupakan minggu pertama dalam setahun, mana diberi nomor minggu 1.

Ada dua sistem yang digunakan di dalam fungsi ini, yaitu:

–  Sistem 1 – Minggu yang berisi tanggal 1 Januari merupakan minggu pertama dalam setahun dan diberi nomor minggu 1.

–  Sistem 2 – Minggu yang berisi Kamis pertama dalam setahun adalah minggu pertama tahun tersebut dan diberi nomor minggu 1.

 

Penlisan sintax untuk fungsi WEEKNUM adalah

=WEEKNUM(serial_number,[return_type])

 

Keterangan:

–  Serial_number : diperlukan. Tanggal dalam minggu dan yang  harus dimasukkan dengan menggunakan fungsi DATE, atau sebagai hasil dari rumus atau fungsi lain. Misalnya =DATE(2008,5,23) untuk menyebut tanggal 23 Mei 2008.

–  Return_type : opsional. Angka yang menentukan pada hari apa minggu dimulai dengan nilai default 1.

hari Weekday 2

Keterangan:

–  Microsoft Excel menyimpan tanggal sebagai nomor seri yang berurutan sehingga bisa digunakan dalam perhitungan.

–  Jika serial_number di luar rentang untuk nilai basis tanggal saat ini, kesalahan #NUM! akan dikembalikan.

–  Jika return_type di luar rentang yang ditentukan dari tabel diatas, kesalahan #NUM! akan dikembalikan.

39-fungsi-weeknum-excel

Dengan menggunakan rumus sintax WEEKNUM, pencarian tentang minggu ke berapa yang terkait dengan tanggal yang dimaksud dapat dilakukan dengan mudah. Contoh penggunaan fungsi WEEKNUM

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *