Menghitung Jumlah Hari Kerja Dengan fungsi Networkdays Pada Excel

Tahukah Anda, bahwa Microsoft Excel dapat menghitung jumlah hari kerja yaitu diluar hari libur? Untuk menghitung jumlah hari kerja pada Excel yaitu dengan menggunakan fungsi NETWORKDAYS, fungsi ini merupakan salah satu formula pada Excel yang bisa digunakan untuk menghitung jumlah hari kerja selama masa tertentu. Rumus dari NETWORKDAYS ini adalah sebagai berikut.

NETWORKDAYS(start_date, end_date, [holidays])

Dimana fungsi NETWORKDAYS memiliki argumen berikut :

  • Start_date, merupakan tanggal yang menunjukkan tanggal mulai.
  • End_date, merupakan tanggal yang menunjukkan tanggal akhir.
  • Holidays, merupakan rentang opsional yang terdiri dari satu atau lebih tanggal untuk dikecualikan dari kalender kerja, seperti hari libur nasional dan jatah cuti. Daftarnya bisa berupa rentang sel yang berisi tanggal atau konstanta array dari nomor seri yang menunjukkan tanggal.

Sebagai contoh untuk menerapkan fungsi dari NETWORKDAYS ini, saya membuat simulasi penghitungannya sebagai berikut.

Langkah pertama, pada Sheet1 membuat tabel data pegawai.

langkah 1 menggunakan fungsi networkdaysLangkah kedua, pada Sheet2 buat data tabel yang isinya tanggal libur atau hari libur.

langkah 2 menggunakan fungsi networkdaysPada Sheet2 kemudian blok cell B3 sampai cell B15, klik kanan pilih Define Name, pada bagian name ketikan Hari_Libur, klik OK.

langkah 3 menggunakan fungsi networkdaysSelanjutnya kembali ke lembar kerja Excel Sheet1, pada kolom cell E3 kolom jumlah masukan rumus =NETWORKDAYS(C3,D3,Hari_Libur) dimana C3 adalah Mulai Kerja, D3 adalah Akhir Kerja dan Hari_Libur adalah mendefinisikan hari libur pada Sheet2. Hasilya sebagai berikut.

langkah 4 menggunakan fungsi networkdaysUntuk mengisi kolom Jumlah cell E4 dan cell E5 gunakan fungsi Auto Fill.

langkah 5 menggunakan fungsi networkdaysPada data di atas juga dapat digunakan untuk menghitung gaji pegawai berdasarkan jumlah hari kerja, jika gaji pegawai dibayar per hari. Diketahui gaji per harinya adalah sebesar Rp 40.000. Maka cukup menambahkan kolom Total Gaji, dan masukan rumus =E3*C8 pada cell F3, hasilnya sebagai berikut.

langkah 6 menggunakan fungsi networkdaysDemikian pembahasan mengenai fungsi NETWORKDAYS yang digunakan untuk menghitung jumlah hari kerja pegawai, dengan fungsi ini para pegawai dapat mengetahui berapa jumlah hari mereka bekerja pada suatu perusahaan atau bekerja pada orang yang memberi pekerjaan, dengan begitu hal ini juga dapat mempermudah menghitung gaji atau penghasilan pegawai selama masa bekerja. Semoga bermanfaat.

13 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *