Fungsi Exact Pada Microsfot Office Excel Yang Perlu Kita Ketahui

Fungsi Exact Pada Excel – Kita tahu, untuk tidak terjadi kesalahan dalam Ms. Excel ketika dilakukan perumusan, maka penulisan tidak boleh keliru sedikit pun. Salah satu yang sering terjadi adalah kelebihan spasi. Memang jika dilihat secara mata tidak ada perbedaan, namun sebenarnya ada lebih spasi. Nah, untuk mengetahui hal tersebut kita dapat menggunakan fungsi dalam Excel yang bernama Exact. Apa itu Exact ? Apa fungsinya ? Bagaimana penggunaannya ? Untuk lebih lengkapnya dapat disimak pada ulasan berikut ini mengenai fungsi Exact pada Ms. Office Excel.

Apa itu Fungsi Exact ?

Dalam Ms. Offcie Excel ada fungsi bernama “Exact”. Nah, fungsi atau kegunaan dari fungsi/formula Exact ini adalah untuk membandingkan dua buah string teks satu dengan yang lain, untuk mengetahui bahwa teks tersebut sama (identik) atau tidak sama.

Fungsi Exact ini akan memberikan nilai TRUE jika teks yang hendak dibandingkan dengan teks pembanding sama atau identik. Namun, jika ternyata setelah dilakukan pembandingkan kedua teks tidak sama, maka akan diberikan nilai FALSE.

Sintaks Fungsi EXACT pada Ms. Office Excel

Untuk penulisan rumus fungsi/sintaks Exact ini cukuplah sederhana, yaitu :

=EXACT (teks1, teks2)

Ket :

Teks1 : adalah strings teks pertama yang hendak ingin dibandingkan dengan teks pembanding

Teks2 : adalah strings kedua yang berkedudukan sebagai pembanding

Apa Kegunaan dari Fungi EXACT ini ?

Seperti pada fungsi Exact, kegunaan Exact ini tak lain hanyalah untuk membandingkan kata satu dengan kata yang lain apakah sama atau tidak. Jika sama maka bernilai TRUE, dan jika salah maka bernilai FALSE. Fungsi Exact ini sangat berguna sekali, ketika kita memakai fungsi formula lookup, baik hlookup ataupun vlookup.

Contoh Fungsi Exact

Pada gambar di bawah ini, kita hendak ingin melakukan rumus vlookup pada table kedua (table yang berada di bawah) terhadapat table pertama (table paling atas).

fungsi exact pada excel
fungsi exact pada excel

 

Nah, pada item 1 berwarna biru (table kedua) terjadi kesalah. Nilainya tidak muncul, tidak terdapat pada waktu dilakukan rumus vlookup, padahal sama-sama satu item, item 1.

Kenapa ini bisa terjadi ? Padahal dengan rumus yang sama dan dengan table yang sama (item 2 dan item 3) tidak terjadi kesalahan, nilai tetap muncul.

Kemungkinan besar, salah satu factor permasalahannya adalah kedua kata tidak sama. Jadi, penulisan kata pada item 1 table atas tidak sama pada penulisan kata pada item 1 tabel bawah. Bisa karena kelebihan spasi atau yang lain.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka digunakanlah rumus fungsi Exact ini. Dengan menggunakan fungsi Exact ini maka kata tersebut akan diketahui apakah sama atau tidak.

Cara Menggunakan Fungsi Exact

Untuk menggunakan rumus Exact pada Ms. Office Excel cukuplah mudah, dan juga simple. Ada dua cara untuk mengetahui apakah kedua kata tersebut sama atau tidak. Cara pertama dengan menggunakan insert function, dan cara kedua dengan mengetikkan langsung rumus formulanya.

Pada artikel ini kami akan menggunakan cara kedua, yaitu mengetikkan langsung rumus fungsi Exact, biar lebih mengerti. Di sini, hasil perbandingan kita taruh pada sel C2, tepat disebelah kanannya. Dengan demikian :

Sel C2 : =EXACT (A2,A7)

Sel C3 : =EXACT (A3,A8)

Sel C4 : =EXACT (A4,A9)

Maka hasilnya adalah seperti gambar berikut ini

 

fungsi rumus exact pada excel
fungsi rumus exact pada excel

 

Nah, dari gambar tersebut diketahui ternyata kata item 1 pada table pertama tidak sama dengan kata item pada table kedua, makanya nilai FALSE. Jika diperhatikan, penyebab ketidak samaan antara kedua kata tersebut adalah pada item 1 kolom kedua adanya spasi dibelakang angka 1.

Kesimpulan Penggunaan Fungsi Exact

Dengan menggunakan fungsi Exact dapat diketahui jika suatu strings teks belum tentu sama atau identik meski dilihat dengan mata terlihat sama persis. Ini akan berpengaruh ketika menggunakan fungsi lookup, karena data bisa terlewatkan.

Demikian fungsi Exact pada Ms. Office Excel, semoga cara di atas dapat membantu dan bermanfaat bagi para pembaca semua. Terima kasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *