Fungsi Rumus Bahttext Pada Microsoft Excel Yang Perlu Kita Pelajari

Fungsi Rumus Bahttext Pada Microsoft Excel Yang Perlu Kita Pelajari – Untuk anda yang bekerja dalam dunia komputer, pastinya sudah tak asing lagi ya dengan Microsoft Excel ? yup aplikasi yang masuk dalam keluarga Microsoft Office memang menjadi bagian penting untuk mereka yang bekerja di perkantoran  bersama dengan Ms.Word dan Ms.Powerpoint.

Berbeda dengan kedua saudaranya, Microsoft Excel ini digunakan untuk melakukan penghitungan sebuah data berupa angka secara otomatis yang bisa berupa hitungan dasar, rumus, fungsi, pembuatan grafik, manajemen data, dan juga pengolahan data tabel.

Untuk pemakaian rumus ini pada umumnya digunakan untuk menghitung penjumlahan, pengurangan, perkalian dan lain sebagainya. Sementara untuk keberadaan rumus yang ada didalam Microsoft excel ini bertujuan untuk menghitung nilai angka yang berbentuk rumus matematika ataupun non matematika nantinya.

Microsoft excel ini paling sering digunakan seseorang untuk menyelesaikan tugas administrasi, dari yang paling sederhana hingga paling sulit pun sudah bisa diatasi oleh microsoft Excel ini. Untuk contoh sederhananya biasanya microsoft excel digunakan untuk membuat sebuah perencanaan kegiatan perusahaan, barang kebutuhan, hingga harga beberapa barang agar tersusun secara rapi dan mudah dipahami oleh atasan nantinya.

Microsoft Excel bekerja dalam sistem Workbook, dan didalamnya terdapat banyak sekali lembar kerja, dan jumlah kolom serta baris yang ada didalamnya bisa berjumlah hingga ratusan ribu, sehingga microsoft excel ini bisa diandalkan untuk menyimpan berbagai data dengan jumlah yang begitu banyak nanti.

Seperti yang kita ulas diatas tadi, dimana microsoft excel ini mengandung banyak sekali rumus atau formula yang bisa kita manfaatkan untuk berhitung nanti. Nah, pada kesempatan kali ini kita mau berbagi informasi kepada anda semua tentang salah satu rumus Ms.Excel yang bisa anda coba, yakni Rumus Bathtext.

Rumus Bahttext adalah salah satu rumus yang ada didalam Microsoft Excel yang berfungsi untuk merubah angka menjadi sebuah teks, namun disini tidak menggantinya dengan text biasa, melainkan dengan format mata uang  ß (baht). Baht ini perlu anda ketahui adalah sebuah text berbahasa Thailand. baca juga KONVERSI BILANGAN KE ANGKA ROMAWI pada Microsoft Excel

Untuk sintaks Rumus Bahttext ini adalah :

BAHTTEXT (number)

untuk angka yang dimaksud adalah nilai yang ingin anda konversi menjadi format mata uang Bath nantinya. Perlu di ingat, data yang dimasukkan dalam kolom ini nantinya hanyalah berupa angka saja, apabila ada sebuah huruf didalamnya, maka hasil yang didapat adalah #VALUE! Atau nilai kesalahan.

Nah untuk mempermudah anda memahaminya, alangkah baiknya kita langsung mulai saja dengan contoh soal.

  • Langkah pertama silahkan anda buat sebuah himpunan data seperti contoh dibawah ini.

Fungsi Rumus BAHTTEXT pada Excel

 

  • Untuk jumlah kolom dan nilai angkanya bebas ya, anda bisa memasukkan sesuka hati anda nantinya.
  • Jika sudah, pada bagian kolom hasil, silahkan anda masukkan rumus berikut ini =BAHTTEXT(A2), lalu tekan enter.
  • Jika berhasil, maka anda akan mendapatkan hasil seperti dibawah ini :

 

Fungsi BAHTTEXT pada Excel

  • Lalu untuk kolom selanjutnya, anda tinggal menarik saja kebawah rumus yang ada pada kolom b2 tersebut.

Rumus BAHTTEXT pada Excel

  • Selesai

Bagaimana ? cukup mudah bukan mengerjakan dengan Rumus Bahttext ini ? agar anda lebih memahami lagi, silahkan anda buat contoh soal yang baru dan terapkan lagi rumus yang sudah kami bagikan tadi.

Demikian infromasi dari kami tentang Fungsi Rumus Bahttext pada Excel yang bisa kami sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu anda. Terimakasih.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *