Fungsi Rumus Clean Pada Excel

Fungsi Rumus Clean Pada Excel – Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi yang tergabung dalam Microsoft office bersama dengan Microsoft Word dan Microsoft Powerpoint. Microsoft excel ini memiliki bentuk lembar kerja spreadsehet yang didistribusikan untuk pengguna microsoft windows dan juga mac OS.

Didalam Microsoft Excel ini terdapat fitur kalkulasi dan juga bisa digunakan untuk pembuatan grafik dengan menggunakan strategi marketing milik Microsoft. Tentu saja hal ini membuat microsoft excel jadi aplikasi paling populer yang banyak digunakan oleh mereka yang berkerja disebuah perusahaan maupun yang masih menempuh dunia pendidikan.

Dan bahkan, kali ini Microsoft excel ini juga sudah menjamah dunia android juga sehingga semakin kegunaannya pun makin maksimal lagi nantinya. Didalam Microsoft Excel ini telah disematkan berbagai rumus maupun formula yang memiliki fungsi sangat penting.

Rumus yang ada didalamnya memiliki fungsi bermacam-macam, tergantung kebutuhan anda saja nantinya. Biasanya yang sering digunakan adalah rumus untuk penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan masih banyak lagi.

Nah, pada kesempatan kali ini kita ingin berbagi informasi kepada anda semua tentang salah satu fungsi dari Microsoft Excel yang bernama Rumus Clean. Mungkin anda belum pernah dengar ya ? nah untuk mengetahui informasinya, silahkan simak ulasan dibawah ini.

Apakah itu Rumus Clean ? dari namanya saja mungkin anda sudah berasumsi jika rumus ini untuk bersih-bersih ya ? mungkin ada benarnya juga, namun Fungsi Rumus Clean disini adalah digunakan untuk menghapus semua karakter yang tak dapat dicetak dari teks.

Biasanya saat anda mengcopy sebuah tulisan maka didalamnya ikut tersematkan sebuah teks yang tidak bisa dicetak atau dimengerti oleh microsoft excel, nah daripada hal ini hanya menganggu saja, lebih baik kan dihilangkan sehingga laporan anda pun bisa terlihat rapi nantinya.

Anda bisa memanfaatkan Rumus Clean untuk menghapus sebuah kode komputer dengan tingkat rendah yang sering kali kita jumpai diawal dan diakhir sebuah data yang biasanya tidak tercetak oleh microsoft excel. Rumus Clean ini memiliki sintaks : CLEAN(text), untuk teks disitu wajib di isi karena untuk menentukan tabel mana yang ingin dibersihkan datanya.

Untuk mempersingkat waktu, lebih baik langsung saja kita mulai contoh soal Fungsi Rumus Clean dibawah ini.

Langkah pertama, silahkan anda buka microsoft excel lalu silahkan anda buat tabel seperti dibawah ini.

 

Fungsi Rumus CLEAN pada Excel

Untuk kolom A2 silahkan masukkan data seperti ini : =CHAR(9)&”Laporan Harian”&CHAR(10). Lalu untuk kolom selanjutnya anda bisa mengisi data bebas seperti diatas juga bisa.

Lalu, pada kolom B2, silahkan anda masukkan rumus =CLEAN(A2) lalu tekan enter. Mungkin anda akan kaget ya kenapa tidak ada perubahan?  Untuk teksnya mungkin tidak ada perubahan, namun yang berubah disini adalah dimana karakter Char(9) dan Char(10) yang ada dalam kolom A2 dihilangkan karena tidak berpengaruh apapun nantinya, sehingga hasilnya tinggal “LAPORAN HARIAN” saja.

FUNGSI CLEAN pada Excel

Jika sudah begitu, untuk membersihkan kolom lainnya anda bisa menarik rumus yang ada di kolom B2 kebawah, maka otomatis datanya akan dibersihkan nanti.

Rumus CLEAN pada Excel

Nah cukup mudah bukan untuk menggunakan Rumus Clean ini ? untuk lebih memahami Fungsi Rumus Clean tersebut, anda bisa mencobanya tersu dengan contoh soal yang lainnya nanti.

Demikian informasi dari kami tentang fungsi Rumus Clean pada Excel yang bisa kita bagikan, semoga apa yang kita sampaikan kali ini bermanfaat untuk anda semua. Terimakasih.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *