Fungsi Rumus LEFT, MID dan RIGHT pada Excel untuk Mengembalikan Karakter

Rumus Excel – Salah satu jenis program pada PC yang sangat popular dan sangat sering dipergunakan adalah Microsoft Excel. Di dalam program buatan Microsoft ini, ada banyak sekali rumus atau fungsi yang sangat bermanfaat bagi penggunanya. Meski begitu, ternyata masih belum banyak yang mengetahui dan memahami apa saja rumus yang ada pada Excel. Nah, di bawah ini akan kami berikan sedikit penjelasan beserta dengan contoh kasus tentang Fungsi Rumus LEFT, MID dan RIGHT pada Excel.

LEFT, MID serta RIGHT pada Microsoft Excel dapat dimanfaatkan untuk mengambil beberapa karakter teks yang terdapat pada program tersebut, mulai dari arah kiri, kanan maupun tengah. Berikut adalah penjelasan singkatnya:

    1. Fungsi rumus LEFT pada Excel

Sintaks pada rumus ini adalah LEFT(teks, [num_chars] yang memiliki arti bahwa:

  • Teks adalah string yang akan diekstrak atau diambil
  • Num-chars merupakan jumlah dari karakter yang akan diekstrak atau diambil dari kiri yang nilainya lebih besar besar dari nol sehingga jika tidak diisi maka akan secara otomatis dianggap bernilai 1 atau karakter pertama.

Contoh kasus pemakaian fungsi LEFT:

Untuk dapat mengambil kata ataupun karakter dari kiri memakai rumus ini. Anda dapat memperhatikan gambar yang kami berikan di bawah ini:

Fungsi Left pada Excel

  • Kolom dengan huruf A adalah string teks contoh data yang akan diambil karakternya dengan memakai fungsi LEFT.
  • Kolom B adalah contoh dari hasil data dari penggunaan fungsi LEFT
  • Kolom dengan huruf C merupakan contoh dari formula yang dipakai pada kolom B
  1. Pada cell B2 dengan menggunakan formula =LEFT(A2) : string teks pada cell A2 akan kembali dari sebelah kiri sebanyak 1 kali karena Num_chars pada formula ini ridak diisi yang secara default berarti memiliki nilai 1.
  1. Pada cell B3 dengan menggunakan formula =LEFT(A3,5) : string teks pada cell A3 akan kembali dari kiri sebanyak 5 karakter.
  2. Pada cell B4 dengan menggunakan formula =LEFT(A4,8) : string teks pada cell A4 akan kembali dari kiri sebanyakl 8 karakter. Dikarenakan pada string teks ada spasi maka 1 spasi tersebut terhitung sebagai satu karakter.
    1. Fungsi Rumus MID pada Excel

Rumus MID yang ada pada Microsoft Excel adalah untuk m,engambil beberapa karakter teks yang ada pada Excel dimulai dari tengah. Sintaksnya adalah MID(text, start_num, num_chars) yang memiliki arti:

  • Text adalah string yang akan diambil atau diekstrak
  • Start_num adalah tempat dimulainya pengambilan string atau karakter
  • Num-chars merupakan jumlah dari karakter yang akan dikembalikan atau diekstrak

Contoh penggunaan fungsi MID pada Microsoft Excel:

Fungsi MID pada Excel

  1. Pada cell B2 dengan menggunakan formula =MID(A2,1,5)
    Fungsi ini akan mengembalikan string teks yang terdapat pada cell A2 dimulai dari karakter pertama dengan jumlah 5 karakter
  2. Pada cell B3 dengan menggunakan formula MID(A3,4,4)
    Fungsi ini akan mengembalikan teks yang ada pada cell A3 dimulai dari karakter keempat dari kiri sebanyak 4 karakter. Dikarenakan terdapat spasi, maka spasi juga akan secara otomatis dihitung sebagai 1 karakter.
  3. Pada cell B4 dengan menggunakan formula =MID(A4,9,4)
    Fungsi ini akan mengembalikan string teks yang ada pada cell A4 dimulai dari sembilan karakter dari kiri sebanyak 4 karakter. Spasi yang terdapat pada H dan I dihitung sebagai dua spasi.
    1. Fungsi Rumus RIGHT pada Excel

Kebailkan dari LEFT, fungsi RIGHT yang ada pada Microsoft Excel berfungsi untuk mengembalikan karakter dimulai dari kanan berdasarkan atas jumlah karakter yang ditentukan. Sintaks fungsi RIGHT adalah RIGHT(text,[num_chars]) yang berarti:

  • Text adalah string yang akan diekstrak atau diambil
  • Num-chars merupakan jumlah dari karakter yang akan diekstrak atau diambil dari kanan yang nilainya lebih dari nol sehingga apabila tidak diisi akan secara otomatis dianggap sebagai karakter pertama dari kanan atau memiliki nilai 1.

Berikut adalah contoh pemakaian fungsi RIGHT pada Microsoft Excel:

Fungsi Right pada Excel

  1. Pada cell B2 dengan menggunakan formula =RIGHT(A2)
    String teks pada cell A2 akan kembali sebanyak 1 karena num-chars [ada formula ini tidak diisi yang berarti bahwa secara default akan memiliki nilai 1.
  2. Pada cell B3 dengan menggunakan formula =RIGHT(A3,4)
    String teks pada cell A4 akan kembali sebanyak 4 karakter.
  3. Pada cell B4 dengan menggunakan formula =RIGHT(A4,10)
    String teks pada cell A4 akan kembali dari kanan sebanyak 10 karakter. Dikarenakan terdapat spasi pada string teks ini, maka 1 spasi secara otomatis dihitung sebagai 1 karakter.

Baik funsgi LEFT, MID maupun RIGHT pada Excel, semuanya memperhitungkan 1 spasi sebagai 1 karakter. Oleh sebab itu, saat Anda menggunakan fungsi ini, perhatikan setiap spasi yang ada agar hasil yang Anda dapat sesuai dengan keinginan Anda.

6 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *