Membuat ANGKA TERBILANG pada Excel untuk Merubah Angka Menjadi Huruf

Rumus Excel – Pernahkah Anda menggunakan rumus Terbilang sebelumnya? Atau Anda mungkin sedang mencari tahu bagaimana merubah angka menjadi huruf pada aplikasi Microsoft Excel? Pekerjaan ini biasanya menjadi bagian tugas dari mereka yang bekerja di bidang keuangan seperti bendahara atau penanggung jawab divisi keuangan lainnya. Ada kalanya rumus ini digunakan untuk membuat kuitansi dan laporan keuangan. Namun, fungsi yang sama juga bisa berguna bagi guru yang sedang menyusun raport siswa.

Berbeda dengan kebanyakan fungsi Excel yang sudah tersedia dalam paket standar, rumus Terbilang termasuk metode yang unik. Sebab, Anda memerlukan unsur tambahan yang diperoleh dari sumber diluar. Untuk merubah angka menjadi huruf, misalnya 100000 menjadi seratus ribu, Anda membutuhkan sebuah Add-Ins. Agar fitur tambahan ini dapat berfungsi, maka terlebih dahulu Anda harus mematikan security macro.

Berikut ini langkah-langkah membuat angka terbilang pada Microsoft Excel 2010 yang sebenarnya juga bisa diterapkan pada versi lain dengan sedikit perbedaan. Jangan lupa untuk mendownload file terbilang dan menyimpannya di lokasi yang mudah ditemukan pada komputer Anda.

  • Pertama, non-aktifkan dahulu security macro dengan cara:

–        Klik Menu pada excel dan pilih Options

–        Setelah muncul jendela Excel Options, klik Trust Center, kemudian klik Trust Center Settings.

–        Anda akan melihat Macro Settings. Klik Enable all macros dan OK 2 kali.

  • Kedua, install Add-ins Terbilang Excel, caranya:

–        Klik Menu File pada Microsoft Excel dilanjutkan dengan klik Options.

–        Setelah muncul jendela Excel Options, klik Add-ins.

–        Klik tombol Go dan jendela Add-ins akan muncul. Klik Browse.

–        Temukan letak file Add-ins Terbilang kemudian klik OK. Sekarang, Anda dapat mulai menggunakan fungsi tersebut.

  • Ketiga, langkah-langkah menggunakan rumus Terbilang untuk merubah angka menjadi huruf:

–        Ketikkan angka berapa saja di sebuah cell, misal A1. Kemudian, posisikan kalimat terbilangnya di B1. Sebagai contoh, Anda bisa mengetik angka 1234567 pada A1.

Angka Terbilang pada Excel

–        Untuk mendapatkan hasilnya di B1, cukup ketikkan rumus =terbilang(A1) pada cell tersebut. kemudian tekan enter. Dengan cara yang sangat mudah tersebut, Anda akan memperoleh hasil berupa kalimat bilangan “satu juta dua ratus tiga puluh empat ribu lima ratus enam puluh tujuh” tanpa perlu mengetiknya secara manual.

–        Apabila ingin menambahkan kata rupiah di belakangnya, Anda cukup melengkapi bagian rumus dengan “& rupiah”.

Membuat Angka terbilang pada Excel

–        Anda juga dapat merubah bentuk huruf dari kecil menjadi besar hanya dengan menambahkan kata “UPPER” dibagian depan.

Angka Terbilang pada Excel dengan Huruf Kapital

–        Adapula variasi penulisan lain seperti huruf kapital di setiap awal kata, dengan menambahkan kata “PROPER” di bagian depan rumus.

Angka Terbilang pada Excel dengan Huruf Kapital pada awal kata

Penggunaan Add-ins Terbilang pada Excel merupakan cara alternatif bagi Anda yang belum terbiasa dengan pengoperasian visual basic application (vba). Rumus ini termasuk panjang dan rumit sebab Anda harus menyusunnya sendiri. selain itu, penerapan script hanya bisa digunakan terbatas pada worksheet dimana Anda meletakkan rumus tersebut. Sedangkan model add-ins sudah tersedia dalam bentuk file yang bisa didownload dan langsung diinstal. Kapanpun Anda membuka excel dan membutuhkan fungsi terbilang, pengerjaan dapat dilakukan secara otomatis, tanpa perlu menyusun scriptnya lagi.

Efisiensi waktu dan tenaga sangat penting dalam operasional kerja, terlebih saat Anda sedang dikejar deadline. Jadi, ada baiknya tetap memanfaatkan fungsi terbilang dalam bentuk Add-ins dibandingkan menggunakan script yang panjang dan rumit sebagai alat merubah tulisan angka menjadi huruf. jangan lupa baca juga Fungsi Rumus LEFT, MID dan RIGHT pada Excel untuk Mengembalikan Karakter

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *