MENGGANTI DATA TEKS DENGAN RUMUS VALUE

Artikel kali ini akan membahas Fungsi VALUE, suatu fungsi yang berguna mengubah data teks menjadi data numerik atau angka.

Fungsi ini memudahkan kita untuk melakukan edit data terutama data teks. Kadang kita kurang teliti dalam penulisan angka, penggunaan titik atau koma yang tidak sesuai dengan default mengakibatkan data angka itu menjadi teks, sehingga ketika proses penghitungan tidak menghasilkan nilai apa-apa. Bila sudah terlanjur terjadi hal semacam itu maka anda perlu menggunakan fungsi Value untuk mengatasinya, tidak perlu di hapus kemudian nulis lagi mulai awal..

Berikut sintaksnya: =VALUE(“teks”) atau dengan alamat cell di mana teks itu berada, selaian itu bisa dengan menggunakan Function Arguments  sebagai berikut:

fungsi argument value

Lihat contoh penggunaan fungsi value pada data di bawah ini

hasil rumus value

Keterangan data:

  • Pada kolom C (data angka) adalah data asli. Tanda koma dalam data itu menggunakan comma style yang ada di tab Home-sub/group Number.
  • Pada kolom D (data teks) adalah hasil dari konversi/pergantian dari data angka menjadi data teks, untuk melakukan itu menggunakan fungsi TEXT.
  • Pada kolom E (data angka) adalah hasil dari fungsi Value, data yang pada kolom D berupa teks di ubah menjadi angka kembali.

Adapun untuk mengubah kembali data teks menjadi angka/numerik, maka  rumus yang harus ditulis sebagai berikut:

Letakkan kursor pada cell E3 so tulis rumusnya =Value(D3) enter, atau lihat pada Function Arguments Value. Hasilnya nampak pada data di atas.

 

Catatan:

  • Untuk mempercepat dan mempermudah pekerjaan lakukan penghitungan pada baris pertama saja, sedangkan untuk baris kedua dan selanjutnya gunakan fasilitas Copy-Paste atau Fill Handle.
  • Data angka yang sudah berubah menjadi teks dalam proses penghitungan menggunakan fungsi rumus harus di tulis di antara tanda kutip. Kecuali data itu ingin di rubah kembali menjadi angka, maka prosesnya menggunakan fungsi Value sebagaimana bahasan di atas.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *