MENGGANTI HURUF KAPITAL DENGAN RUMUS EXCEL _UPPER

Microsoft Excel menyediakan fasilitas untuk mengubah teks atau karakter, maksudnya fungsi yang bisa digunakan ketika kita ingin mengganti teks dalam suatu cell, misalnya dalam cell itu terdapat teks dengan huruf kecil maka bisa di ubah/diganti dengan teks yang huruf besar semua atau sebaliknya. Adapun fasilitas fungsi itu adalah UPPER, LOWER, PROPER dan lain sebagainya.

Dalam artikel ini akan di bahas fungsi UPPER saja, semoga bermanfaat dan mempermudah kita dalam mengoperasikan microsoft excel.

FUNGSI UPPER

Fungsi ini berfungsi untuk mengubah atau mengganti teks dari huruf kecil menjadi huruf Capital (huruf besar semua).

Sintaksnya : =UPPER(“text”)

Contoh : dalam cell B2 tertulis teks belajar microsoft excel, (bentuk hurufnya kecil semua) maka rumus yang harus di tulis =UPPER(“belajar microsoft excel”) kemudian enter maka hasilnya adalah BELAJAR MICROSOFT EXCEL, atau kalo datanya tidak cuma satu baris maka anda bisa tulis rumusnya =UPPER(B2) enter, lihat hasilnya…..

Contoh penggunaan lihat data di bawah ini berikut rumus fungsi yang di tulis pada formula bar.

aplikasi rumus upper

Agar tidak terjadi tulis rumus berulang-ulang anda cukup menuliskan 1 rumus saja pada baris pertama Yaitu C1, baris selanjutnya gunakan fasilitas copy-paste atau Fill Handle.

Fasilitas ini kalo di Microsoft Word istilahnya Change Case-UPPERCASE (Menu Home group Font) silakan anda cari dan praktikkan.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *