MERUBAH TEKS MENJADI KECIL DENGAN FUNGSI LOWER

Fungsi/rumus dalam microsoft excel yang berhubungan dengan teks/karakter selain UPPER adalah LOWER, fungsi ini berguna untuk mengganti teks dari bentuk huruf capital menjadi huruf kecil. Hal ini mempermudah dalam proses edit data sehingga pekerjaan akan lebih mudah dan cepat, so kita harus teliti n hati-hati mengoperasikannya….

Adapun sintaksnya : =LOWER(“text”) atau anda bisa masukkan alamat cell dari data yang ada. Misal pada cell B2 terdapat teks BELAJAR MICROSOFT EXCEL (bentuk huruf kapital semua), maka rumus yang bisa ditulis sebagai berikut. =LOWER(B2) enter. Anda juga bisa langsung menulis teksnya dalam rumus itu, contoh =LOWER(“BELAJAR MICROSOFT EXCEL”) enter. Hasil yang muncul adalah belajar microsoft excel.

Untuk lebih jelasnya lihat data di bawah ini

fungsi rumus Lower

Agar tidak terjadi tulis rumus berulang-ulang anda cukup menuliskan 1 rumus saja pada baris pertama Yaitu C16, baris selanjutnya gunakan fasilitas copy-paste atau Fill Handle.

Fasilitas ini kalo di Microsoft Word istilahnya Change Case-lowercase (Menu Home group Font) silakan anda cari dan praktikkan.

Semoga tulisan ini bermanfaat,,,mohon sarannya demi kesempurnaan artikel ini..suwun….

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *