Penggunaan Fungsi dan Rumus Countblank dalam Excel

Belajar rumus excel dasar kali ini tentang fasilitas formula “countblank” pada lembar kerja excel. Apa pengertian dan fungsi rumus counblank ini? Dalam pengerjaan lembar kerja Microsoft Excel, terkadang kita memasukkan data dalam jumlah yang sangat besar misalnya saja lebih dari 100 baris dan 100 kolom.

Ada kemungkinan bahwa beberapa sel dalam range ini tidak memiliki data sama sekali alias kosong. Untuk mengetahui ada berapa banyak sel yang kosong bisa dilakukan secara manual, namun untuk data dalam range yang sangat besar maka bisa dipergunakan fungsi Countblank.

Seperti namanya, fungsi Countblank pada Excel adalah untuk menghitung jumlah sel yang kosong dengan cepat dan mudah.Sintaks penulisan rumus fungsi Countblank pada excel ini adalah:

COUNTBLANK(range)

Pada sintaks ini, range mengacu pada area atau rentang tabel yang ingin diketahui ada berapa banyak sel kosongnya.

Catatan penting, sebelum mulai menggunakan fungsi Countblank, anda perlu menonaktifkan fungsi perhitungan berulang. Hal ini akan membuat fungsi Countblank berfungsi dengan maksimal yaitu hanya menghitung sel yang kosong dan tidak menghitung sel dengan nilai 0.

Cara penonaktifan fungsi perhitungan berulang yaitu dengan klik tab File, lalu klik Opsi, lalu klik Rumus dan dibawah Opsi perhitungan, hapus kotak centang dan kemudian klik Ok.

Contoh penggunaan fungsi Countblank pada lemabar kerja microsoft excel

Berikut diberikan contoh penulisan rumus menghitung jumlah sel yang kosong dan ilustrasi penggunaanya pada suatu kasus dokumen kerja

Contoh 1

contoh penggunaan rumus countblank excel 1

Penulisan rumusnya: =COUNTBLANK(A1:D11), yang akan menghitung jumlah sel kosong pada range A1 sampai D11 misalnya menjadi 42 (jumlah sel kosong)

Contoh 2

 contoh penggunaan rumus countblank excel 2

Penulisan rumusnya: =COUNTBLANK(B5:G24), yang akan menghitung jumlah sel kosong pada range B5 hingga G24 misalnya menjadi 120 (jumlah sel kosong)

Begitulah penjelasan singkat rumus countblank dan contoh penggunaanya pada lembar kerja yang membutuhkan hitungan cepat berapa sel yang kosong tidak terisi pada suatu dokumen. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *