Tips dan Cara Membuat Nomor Surat Berformat Otomatis dengan Menggunakan Excel

Tips dan Cara Membuat Nomor Surat Berformat Otomatis dengan Menggunakan ExcelMicrosoft excel memang dikenal sebagai salah satu program pengolah angka yang memiliki banyak sekali fungsi didalamnya, hal ini di perlukan untuk mempermudah pekerjaan seseorang ketika mengerjakan tugas dengan menggunakan Microsoft Excel.

Pada kehidupan kita sehari-hari, terebih untuk mereka yang bekerja setiap harinya berhadapan langsung dengan lembar baris dan kolom dari Ms. Excel, pastinya sering kali membuat data berupa surat-surat untuk keperluan perusahaan tempat dimana mereka bekerja. Dan setiap lembar surat yang kita buat pastinya mempunyai nomor surat yang berbeda. Kadang kala kita lupa surat tersebut sudah mendapat urutan keberapa, bahkan juga tanpa sengaja kita banyak melakukan kesalahan karena lalai akan nomor urut surat tersebut. Jangan sampai kesalahan-kesalan itu terus anda lakukan.

Pada kesempatan yang baik kali ini kita akan berbagi informasi kepada anda semua tentang Cara Membuat Nomor Surat Berformat Otomatis dengan menggunakan Excel biar kita tidak merasa kesulitan pada saat membuat data surat dalam aplikasi Ms. Excel ini.

Nah untuk anda yang biasa mendapat tugas untuk membuat sebuah surat, maka rumus ini akan sangat berguna untuk anda gunakan, sehingga bisa membuat nomor surat dengan cepat dan mudah tanpa menggunakan cara manual. Dengan menggunakan langkah ini anda tidak perlu lagi memasukkan nomor surat yang akan anda buat tersebut secara satu persatu, karena hal itu akan memperlambat kinerja anda nantinya.

Untuk rumus yang akan kita bagikan kali ini mungkin cukup panjang ya, jadi perlu ketelitian yang khusus agar rumus bisa berjalan nantinya. Berikut ulasan tentang Cara Membuat Nomor Surat Berformat Otomatis dengan menggunakan Excel yang bisa anda coba :

Cara Membuat Nomor Surat Berformat Otomatis dengan menggunakan Excel

  • Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah silahkan anda membuat sebuah table terlebih dahulu seperti dibawah ini :

 

nomor surat 1 pada excel

 

  • Silahkan anda membuat kolom yangterdiri dari Nomor, Tujuan, Tanggal, dan juga nomor surat
  • Isi semua kolom kecuali pada bagian nomor surat
  • Lalu pada bagian kolom D4, silahkan anda masukan rumus berikut ini :
  • =IF(C4=””;””;CONCATENATE(TEXT(A4;”000″);”/Pan/PHBN/”;ROMAN(MONTH(C4));”/”;YEAR(C4)))
  • Lalu silahkan anda tekan enter.
  • Jika sudah muncul hasilnya, anda tinggal menariknya kebawah sehingga nomor surat akan muncul secara otomatis nantinya, sehingga anda tak perlu memasukkan nomor secara manual lagi nanti
  • Namun pastikan sebelum di enter, cek dulu apakah ada yang kurang dari simbol yang kita bagikan, karena kesalahan sedikit bisa membuat fungsi ini menjadi eror nantinya. Anda bisa melihat hasilnya seperti gambar dibawah ini :

 

nomor surat 2

 

Keterangan :

  • Untuk angka 001 ini adalah nomor dari surat yang sudah disesuaikan dengan menggunakan isi cel A4 pada bagian NO
  • Pan-PHBN kita buat sebagai identitas, dan anda bisa menggantinya nanti jika diperlukan
  • Sementara ROMAN itu adalah angka romawai yang mengartikan bulan pada saat kita membuat surat tersebut
  • Dan Year itu berarti tahun dimana surat itu dibuat, bagian ini menunjuk pada teks yang ada di cel C44.

Dengan menggunakan rumus ini, maka bulan serta tahun akan menyesuaikan dengan data yang telah ditulis pasa cel C4

Nah bagaimana menurut kaian ? cukup mudah bukan Cara Membuat Nomor Surat Berformat Otomatis dengan menggunakan Excel ? silahkan anda mencoba dirumah, dan semoga berhasil.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *