Cara Membuat Fungsi Sendiri Di Excel Lengkap dengan Contoh

Cara Membuat Fungsi Sendiri Di Excel Lengkap dengan Contoh – Seperti yang kita ketahui, sebagian besar fungsi yang ada didalam software Microsoft Excel seperti fungsi logika (if), fungsi trigonometri, fungsi Lookup, dan masih banyak lagi. Namun terkadang, ada kalanya kita ingin memiliki sebuah rumus sendiri yang mungkin tidak disediakan oleh aplikasi Excel.

Contoh sederhana saja seperti fungsi menghitung luas persegi maupun fungsi unntuk menghitung luas segitiga. Memang sederhana, namun yang pasti fungsi ini begitu bermenfaat bukan? Nah pada kesempatan kali ini kita ingin membahas artikel tentang cara membuat fungsi sendiri di Excel.

Wah tentunya jika kita bisa membuat fungsi sendiri di Excel ini makin seru ya, dimana kita bisa membuat rumus sendiri didalam Microsoft Excel yang selama ini mungkin tidak terdapat didalamnya. dengan begini maka akan sangat membantu jika kebetulan saat itu kita lupa atau tak mau ribet memasukkan rumus satu persatu.

Sebelum kita belajar untuk membuat fungsi sendiri di Excel, sebaiknya kita ketahui dulu beberpa rumus dari segitiga maupun persegi secara manual:

Luas segitiga = ½ x alas x tinggi

Maka jika digunakan dalam rumus excel nanti menjadi =0.5*10*5

Namun jika kita nanti Membuat Fungsi Sendiri Di Excel, maka contoh fungsi yang akan kita masukkan nanti adalah:

=luas_segitiga(alas;tinggi) akan menjadi =luas_segitiga (10;5)

Mungkin sudah cukup jelas ya? Nah pada contoh kasus yang akan kita gunakan dalam membuat fungsi sendiri di Excel adalah menghitung rumus segitiga dan juga persegi. Nah untuk pembuatan rumus sendiri ini nantinya kita akan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic Application yakni Macro Excel. Dan untuk membuat fungsi sendiri di Excel berikut langkah-langkah yang bisa anda coba.

Langkah pertama silahkan buka terlebih dahulu aplikasi Microsoft Excel di komputer anda

Selanjutnya buka jendela macro editor dengan cara klik tombol ALT+F11

Jika sudah muncul, silahkan pada bagian ThisWorkSheet klik kanan, lalu ilih insert >> Module. Simak gambar dibawah ini.

 

 

Nah jika sudah muncul jendela module, silahkan anda masukkan beberapa rumus seperti dibawah ini.

Jika sudah, silahkan anda tutup jendela macro tadi untuk kembali ke lembar kerja excel. Jika muncul dialog seperti dibawah ini silahkan anda tap tombol NO.

Lalu silahkan simpan file excel yang sudah anda rubah tadi dengan menggunakan type Excel 97-220 workbook (*.xls) atau menggunakan Excel macro-enabled workbook (*.xlsm). kenapa menggunakan format ini? karena jika anda menggunakan format lain maka tidak akan bisa disimpan nantinya.

Selanjutnya tutup file. Lalu buka kembali dan aktifkan macro dengan cara papan peringatan yang terdapat diatas.  Pilih Option >> enabled this content, lalu klik OK.

Jika sudah selesai pengaturannya, kini saatnya menguji tips membuat fungsi sendiri di Excel, silahkan anda buat tabel seperti dibawah ini

Nah bagaimana? Cukup mudah bukan cara membuat fungsi sendiri di Excel seperti yang kita bagikan kali ini? dengan begini maka anda pun bisa membuat beberapa rumus lain yang mungkin belum tersedia didalam microsoft excel. Namun perlu di ingat, untuk bisa menjalankan fungsi ini, anda hanya bisa menggunakan lembar kerja yang ini saja ya, karena sebelumnya sudah kita atur tadi.

Nah mungkin cukup sekian dulu ulasan dari kami tentang cara membuat fungsi sendiri di Excel, semoga apa yang kami sampaikan ini bermanfaat., Selamat mencoba.