Cara Menghitung Biaya Pemakaian Listrik yang Akurat Solusi Ibu Rumah Tangga

Rumus Lengkap – Sebagai ibu rumah tangga, bagian dalam tugasnya yaitu mengatur keuangan bulanan. Selain biaya tagihan air dan telepon, biaya tagihan listrik merupakan satu biaya yang paling diantisipasi. Bagaimana tidak, dari banyaknya kalangan ibu rumah tangga ini, banyak yang tidak paham akan perhitungan tagihan listrik setiap bulannya. Sebaiknya cara ini dipahami agar setiap bulan ibu tidak kekurangan uang untuk membayar tagihan listrik tersebut. Lalu bagaimana cara menghitung biaya pemakaian listrik yang akurat sesuai dengan yang PLN bebankan selama ini?

Cara menghitung biaya liastrk yang akurat

Walaupun sebenarnya di PLN sendiri ada ketetapannya dan bisa kita akses melalui websitenya, tapi kenaikan perbulan bagi listrik pra maupun pasca bayar sulit sekali diprediksi. Oleh karena itu, kita perlu cara menghitung biaya pemakaian listrik yang akurat ini. Mengandalkan mengira-ngira dari struk tagihan bukan lah cara yang akurat mengingat bukan biaya hasil hitungan terakhir saja yang harus kita ketahui. Kita harus tahu apa saja yang masuk ke dalam perhitungan tersebut sebagai faktor penyebab hasil akhir tersebut.

Sejak tahun  2012, perhitungan akan biaya listrik per bulannya ini semuanya dilakukan pasca bayar. Biaya yang dihitung meliputi biaya langganan, administrasi, TDL atau tarif dasar listrik, serta PPJ atau pajak penerangan jalan. Sifat tiga biaya pertama adalah tetap sedangkan biaya pajak sekitar 3% dari ketiga biaya tersebut. Gampang sekali mengetahui berapa rupiah bayaran listrik kita per bulan karena tinggal kurangi saja nilai total dari tagihan tersebut dengan nilai pajaknya.

Sedangkan untuk perhitungan pemakaian daya. Caranya, nilai total tagihan yang belum ditambahkan dengan nilai pajak dibagi dengan total dari daya yang digunakan. Kemudian, untuk cara menghitung biaya pemakaian listrik yang akurat dari tahun 2012 hingga sekarang yaitu yang pertama bagi yang menjadi pelanggan dengan lebih dari 1300VA, biaya untuk tarif dasar listriknya didasarkan pada jumlah pemakaian daya untuk setiap unit kwh.  Biaya berlangganan dan administrasi sudah dimasukkan ke dalamnya. Sedangkan untuk pelanggan yang kurang dari 900 VA, perhitungannya menggunakan perhitungan sebelum tahun 2012 tersebut dengan harga per kwh yang dipisahkan dengan biaya berlangganan dan administrasi. Kemudian, untuk prabayar, cara menghitung meterannya juga tidak diberlakukan pengecualian. Pelanggan dengan 450 VA hingga yang paling tinggi, tarifnya didasarkan pada nilai rupiah untuk setiap kwh. Sedemikian jelasnya cara menghitung biaya pemakaian listrik yang akurat ini memang tetap membingungkan. Apalagi banyak yang hasil perhitungannya jauh dengan total tagihan yang keluar.

Salah satu cara menghitung biaya pemakaian listrik yang akurat yang mungkin bisa Anda coba sebagai bagian dari referensi perhitungan biaya listrik per bulan yaitu metode pukul rata. Anda diharuskan untuk mengumpulkan struk pembayaran setiap bulan sebagai modal dasar perhitungannya. Lihat nilai rupiah per kwh dari setiap bulan. Cari perubahannya dari setiap komponen dalam perhitungan tersebut, kemudian akomodasikan. Hasilnya mungkin akan berbeda, tapi ini bermanfaat ketika ada kenaikan TDL yang biasa pemerintah tetapkan. Jadi, lebih mudahnya Anda lebih baik hemat energi dan bijak menggunakan energi listrik di rumah. Jika disiplin menggunakannya maka tagihan akan berkisar di angka yang sama.

Ketika menggunakan metode terakhir ini pun sebagai cara menghitung biaya pemakaian listrik yang akurat memang akan terbukti karena akomodasi dari setiap komponen yang kita analisis juga jelas. Terkadang, kita juga harus mengerti kenapa listrik tiba-tiba saja naik. Pemerintah dalam hal ini PLN membutuhkan biaya untuk memperbaiki kualitas dari listrik yang kita gunakan tersebut. Perbaikan serta pemeliharaan tersebut menjadi kebutuhan kita yang sudah sepantasnya kita dukung. Lagi pula, berapapun naiknya biaya tersebut sudah pasti kita bayar karena kita butuh. Sikapi setiap kebijakan dengan cara yang bijak. Control setiap benda elektronik di rumah dengan mengetahui setiap daya yang dibutuhkannya dan bagaimana pengaruhnya. Juga, Anda bisa jadi bagian dari orang bijak dengan mematikan listrik yang tidak dipakai ketika malam hari. Seperti televisi, charger, computer, hingga lampu di ruangan yang tidak begitu perlu seperti ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang tidur.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *