Menentukan Harga Jual Barang Bekas

Rehat sejenak lagi dari urusan komputer terutama rumus microsoft excel. Sekarang kita bicara cara menentukan harga jual barang bekas. Tidak hanya barang baru, sekarang ini masyarakat juga sering memburu barang-barang bekas. Situs penjualan barang-barang bekas bermunculan di internet. Penggunanya adalah mereka yang mencari barang bekas dengan berbagai alasan. Ada yang membeli karena melihat nilai histori dari barang sehingga barang itu juga disebut sebagai barang antik. Alasan lainnya adalah faktor keaslian produk. Banyak pabrik yang tidak lagi mengeluarkan seri produk tertentu sehingga para pemakai produk dengan seri tersebut harus mencari komponen sejenis di tempat penjualan barang bekas. Kemudian, alasan lain mengapa barang second menjadi incaran adalah faktor harga.

Walaupun suatu barang merupakan keluaran terbaru, namun bila sudah berpindah tangan, maka nilai jualnya akan lebih rendah. Dari beberapa alasan tersebut, baik pasar loak tradisional maupun situs jual beli barang bekas online akan tetap diminati oleh banyak kalangan. Itu artinya ada peluang bisnis yang besar bagi pemilik barang bekas.Menenentukan harga jual dan beli barang bekas di pasar loak

Apakah Anda memiliki banyak barang bekas yang tidak dipakai lagi? Apakah benda-benda tersebut masih bisa dimanfaatkan? Daripada menyimpannya di gudang, lebih baik Anda menjualnya. Ada banyak pembeli potensial yang tentunya mencari penawaran harga terbaik untuk setiap produk second. Misalnya saja furniture, produk elektronik, produk otomotif dan lain sebagainya. namun, pastikan Anda mengetahui cara bermain dalam transaksi jual beli barang bekas. Yang harus diperhatikan adalah harga jual. Anda tidak bisa menawarkan produk yang sudah dipakai dengan harga setara dengan produk baru. Misalnya saja untuk produk elektronik, harga jual untuk produk bekas umumnya sekitar 60 -70% dari harga pasar.

Bisnis barang bekas mungkin tidak terlalu menarik bagi sebagian orang. akan tetapi tingginya minat akan produk berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau membuat pasar barang bekas selalu ramai. Selain untuk lahan bisnis, pemilih barang sendiri juga bisa memanfaatkan kondisi ini untuk mengurangi tumpukan barang lama yang masih layak pakai di rumahnya. Untuk mengetahui harga jual yang tepat untuk barang bekas yang akan Anda tawarkan, lakukanlah survey terlebih dahulu. Anda dapat mencari informasi tersebut di internet. kemudian, sesuaikan pula kisaran harga dengan kondisi barang, lama pemakaian, kelengkapan barang serta tingkat kebutuhannya di pasaran. Selain itu, jangan lupa untuk memperhatikan kelebihan dan kekurangan barang tersebut. untuk produk yang sangat diminati pasar, Anda dapat mengedepankan faktor merek sehingga harga jualnya nanti tidak sebatas berapa lama produk tersebut sudah tidak dipakai. Untuk barang yang memiliki nilai artistik tinggi serta termasuk antik, unik dan langka, biasanya harga jual justru bisa lebih tinggi dari pasaran.Nilai jual buku bekas sangat tinggi

Berikut ini tips untuk menentukan harga jual barang bekas:

1. Cek kondisi barang second yang akan dijual. Pastikan bahwa benda-benda tersebut masih layak pakai
Perhatikan setiap detailnya seperti tampilan apakah ada kerusakan atau tidak. pisahkan masing-masing item berdasarkan kondisinya tersebut misalnya Baik, Cukup dan Kurang. Untuk produk yang tidak memiliki atau sedikit cacat, masih memungkinkan untuk dikategorikan dalam produk yang masih tampak seperti baru.
2. Cari informasi tentang harga resmi dan tidak resmi di pasaran. Gunakan petunjuk dalam menentukan harga barang tertentu. Anda juga bisa mendapatkan kisaran harga untuk barang sejenis sebagai gambaran untuk membandrol barang bekas jualan Anda.
Pelajari pula bagaimana para penjual lain mendeskripsikan produk second mereka sehingga Anda juga dapat memberikan informasi yang bisa diterima oleh calon pembeli dan tentunya sesuai dengan harga yang mereka inginkan.
3. Tawarkan harga yang bersaing namun tetap masuk akal. Saat menentukan harga, pastikan tidak terlampau tinggi dari pasaran karena akan membuat pembeli tidak tertarik. Sebaliknya, harga yang terlalu rendah dari pasaran justru bisa membuat pembeli berpikir bahwa produk yang Anda tawarakan tidak berkualitas.

Tidak hanya penjual, pembeli juga perlu mengetahui bagaimana cara menafsir harga jual sebuah barang bekas. Apabila Anda kesulitan untuk menentukan kiasaran harga tersebut, maka Anda dapat meminta tolong kepada ahlinya, terutama untuk barang-barang yang memiliki nilai jual sangat tinggi saat masih baru, seperti perhiasan dan kendaraan bermotor.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *