Mengitung Berat badan Ideal Menurut BMI dengan Excel

Sedikit berbeda dengan materi sebelumnya, kali ini materi dalam kursus excel ini mengajak berbincang tentang berat badan ideal. Memiliki bentuk badan yang ideal sangat di dambakan oleh setiap orang, namun dengan adanya keterbatasan alat penghitung berat badan, mereka tidak mengetahui berat badan ideal mereka. Tapi jangan khawatir, Microsoft Excel akan mencoba menjawabnya, program spreadsheet ini akan memberikan rumus dan fungsi untuk menghitung berat badan ideal yang banyak didambakan orang.

Kita langsung saja pada prakteknya, kita akan menghitung berat badan ideal menurut Body Max Index
Body Max Index (BMI) atau Index Massa Tubuh (IMT) merupakan penghitungan berat badan ideal yang didasarkan pada rumus : IMT(BMI) = Berat Badan (Kg) / (Tinggi badan (m) x Tinggi badan(m).

Untuk menghitung berat badan ideal di excel, Siapkan terlebih dahulu data yang dibutuhkan untuk menghitung berat badan ideal, seperti berikut.

langkah pertama menghitung berat badan ideal dengan excelKemudian masukan berat badan (sel C5) dan tinggi badan (sel C6), misalnya berat badan sebesar 50 Kg dan tinggi badan 170 cm, untuk menghitung Body Max Index (BMI) pada sel C7, isikan rumus berikut : =IF(OR(C6<>0,C5<>0),C5/((C6/100)*(C6/100))). Maka hasilnya seperti berikut.

langakh ke dua cara menghitung berat badan ideal dengan excelSelanjutnya untuk mengisi Keterangan pada sel C9 masukan rumus berikut ini :

=IF(C7=0,”silahkan cek data berat badan dan tinngi badan”,IF(C7<18.5,”Berat badan kurang ideal -perbanyak konsumsi makanan berkalori yang mengandung karbohidrat kompleks”,IF(C7<22.9,”Berat badan anda ideal”,IF(C7<29.9,”Berat Badan ideal namun hampir mencapai obesitas – jaga pola makan + perbanyak olahraga”,”Berat badan anda melebihi ideal, anda menderita obesitas”))))

langkah ke tiga menghitung berat badan ideal dengan excelDari hasil penghitungan berat badan Ideal diatas menunjukan bahwa dengan berat badan 50 kg dan tinggi badan 170 cm, Body Max Index (BMI) yang dihasilkan 17,301 dan menurut keterangan hasil tersebut berat badan kurang ideal, maka dianjurkan untuk memperbanyak mengkonsumsi makanan berkalori yang mengandung karbohidrat kompleks.

Kesimpulan, penghitungan berat badan ideal dengan bantuan Exce. ini semoga dapat menginspirasi Anda untuk mendapatkan badan yang ideal, yang terpenting tetap jaga kesehatan Anda.

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *