Cara Defrag Komputer

Defragment ialah salah satu fitur yang tersedia di dalam sistem operasi windows. fungsi nya untuk merapikan data atau program di  media penyimpanan data atau (storage). Biar kerja kita dengan berbagai macam rumus Microsoft Excel makin lancar,  sesekali kita perlu melakukan defrag pada komputer PC atau laptop kita.

Setiap penggunaan suatu  program komputer, prosessor menampilkan data dengan acak, dan penempatannya di media storage juga dilakukan secara acak pula. Jadi Mengatur data yang tersimpan dan tidak teratur di dalam storage adalah fungsi dari defragment.

Manfaat mendefrag hardisk adalah supaya memiliki kemampuan kinerja komputer yang lebih baik. Karena seharian telah digunakan untuk keperluan bekerja, mendownload file atau aplikasi, dan banyak lagi yang lain lain. Maka komputer/laptop juga perlu perawatan dari dalam yaitu di defrag.

Perawatan dengan mendefrag sebaiknya dilakukan secara rutin minimal sebulan satu kali. lama proses defragment bervariasi, di lihat dari seberapa parah komputer atau laptop kita. Secara umum dibutuhkan waktu setidaknya 1 sampai 4 jam dan tergantung juga oleh kapasitas harddisk kita.

Berikut ini Cara defrag Komputer :

1. Bukalah applikasi windows Disk Defragmenter. Yang terletak start menu >> accessoris >> system tool  >> Disk Defragmenter

Atau cara yang paling mudah adalah dengan ketik “defragment” tanpa tanda tanda petik didalam kolom search di start menu seperti contoh di gambar dibawah ini.

Langkah ke 1 cara defrag komputer

Setelah muncul seperti yang ada pada gambar diatas kliklah Disk Defragmenter

2. Setelah itu pasti akan muncul tampilan seperti di gambar berikut.

Langkah ke 2 cara defrag komputer

3. pilihlah hard drives yang akan kita defrag lalu kita klik tombol analyze.

4. tunggu setelah semua proses analyze selesai kemudian klik tombol defragment disk.

Yang perlu diperhatikan dalam melakukan proses defragment adalah  :

Saat melakukan Defragment, jangan sampai prosesnya terhenti dengan alasan apapun ! baik itu karena listrik yang padam, komputer atau laptop restart, komputer ngehang. Karena akan sangat riskan pada hardisk kita yang bisa mengalami bad sector ( hardisk jebol ).

Namun ini tentu sudah anda perkirakan dan anda pahami situsi maupun kondisi yang biasa terjadi ketika anda akan mendefrag komputer anda. Ok itulah tutorial cara defrag komputer semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *