Kesal Menghadapi Komputer Lemot? Ini Rahasia untuk Membuat Komputer Lebih Cepat

Rehat sejenak dari rumus excel. Mari bicara performa laptop kita. Jika komputer yang awalnya berjalan cepat terus sekarang muali melambat dan lemot, jangan serta merta dapat menyalahkan hardware atau perangkat keras nya. Memang pada dasarnya hardware usang adalah biang dari segala masalah kelambanan komputer. Namun ada beberapa solusi yang bisa dilakukan untuk menghadapi komputer yang lemot, mulai dari pengecekan software dan juga melakukan penggantian hardware. Dan berikut ini adalah beberapa tips untuk kembali melesakkan kecepatan kinerja komputer Anda.

Uninstall program yang tidak terpakai

PC baru datang dengan beban program yang tidak akan pernah Anda gunakan, dan Anda mungkin bahkan tidak tahu mereka ada. Beberapa program bahkan menjalankan proses latar belakang ketika Anda mengoperasikan komputer Anda, meskipun Anda tidak menggunakannya.

Untuk menghapus semua program sia-sia ini, Anda dapat membuka menu Program pada Control Panel dan kemudian halaman Features, di sini Anda bisa melihat daftar aplikasi yang diinstal. Uninstall program yang tak perlu, dan berhati-hatilah dalam memilih, jangan sampai program yang penting turut Anda hapus. Jika Anda masih tidak yakin tentang program mana yang akan digunakan, maka Anda bisa mencoba aplikasi dari pihak ketiga bernama  PC Decrapifier yang gratis dan untuk penggunaan non-komersial yang mana program ini akan memberitahukan Anda program mana yang tidak Anda inginkan atau butuhkan.

Hapus Temporary Files

Temporary files akan mengumpul banyak pada komputer Anda melalui tugas-tugas sehari-hari dan dapat menetap pada hard disk, dan juga dapat memperlambat kinerja komputer Anda. Menyingkirkan file-file ini, termasuk history dan cookie pada internet Anda akan memberikan ruang yang lebih besar pada hard disk, dan otomatis mempercepat PC Anda.

Untuk melakukan ini, buka “My Computer”, lalu pilih drive lokal Anda (biasanya C: \). Pilih folder “Windows” dan kemudian buka folder berjudul “Temp”.

cara menghapus temporary files
Menghapus temporary files membuat komputer lebih cepat

Gunakan mouse Anda dan klik kanan pada folder dan klik pilihan “View” dan pilih “Details” untuk melihat berapa lama folder ini sudah mengendap di dalam komputer Anda. Tekan tombol hapus atau tombol Delete, lalu pergi ke Recycle Bin pada desktop Anda, lalu klik kanan, pilih kosongkan.

Install Solid State Drive

Hard drive adalah penyebab dan sumber utama di mana kecepatan komputer Anda berjalan dan kecepatan startup tak terkecuali terutama ketika komputer Anda melamban. Untuk mendapatkan kecepatan yang prima, ada baiknya Anda berinvestasi dengan menggunakan Solid State Drive atau SSD untuk penggunaan dalam jangka waktu yang sangat lama. Memang mereka tidak murah, namun SSD ini dapat membaca file dengan sangat cepat dan bahkan mempercepat startup komputer Anda. Bahkan SSD ini masih bisa Anda gunakan untuk jangka waktu yang cukup lama.

Penyimpanan Hard Drive yang Lebih

Bahkan jika Anda telah membuat jadwal teratur untuk membersihkan semua file temporary Anda, namun jika hard drive Anda 85 persen penuh, itu  akan mempengaruhi kecepatan komputer Anda. Jika Anda secara teratur membuat film video atau menggunakan PC Anda untuk melakukan aktivitas multimedia, maka Anda tidak cocok menggunakan hard Drive dengan ukuran 300GB, minimal Anda haru menggunakan hard Drive dengan ukuran 1TB ke atas.

Cegah Aplikasi Startup yang Tidak Perlu

Metode ini tidak lebihnya akan mempengaruhi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan startup baik pada PC atau laptop. Semakin banyak program yang diluncurkan ketika Anda menyalakan PC atau laptop Anda, maka akan semakin lambat pula laptop atau PC Anda bekerja, karena ini akan menggunakan memori komputer Anda lebih banyak.

cara memaksimalkan start up komputer
Membuat komputer lebih cepat dengan cara mengurangi beban start up

Untuk mengatasi hal ini, klik “Start” dan “Run”. Dalam “Run”, ketik “msconfig” lalu tekan enter. Kemudian Anda akan melihat jendela “System Configuration”, lalu pilih tap “Startup”, dan di sini Anda akan melihat semua program yang berjalan dan program apa yang dijalankan PC atau laptop Anda ketika Anda pertama kali menjalankannya. Di sini Anda bisa memilah mana program yang harus berjalan atau tidak pada saat proses startup untuk menghindarkan memori komputer Anda termakan secara percuma oleh program atau aplikasi yang juga sama percumanya.

Anda juga dapat secara manual menghapus mereka untuk program yang tak ingin Anda jalankan ketika pertama kali perangkat Anda melakukan startup. Atau Anda juga dapat  klik “Disable All” dan kemudian pilih aplikasi atau program yang ingin Anda jalankan, seperti program penting contohnya perangkat lunak anti-virus.

Trik lain yang bisa Anda coba adalah menghapus semua font yang tidak perlu di dalam komputer Anda. Ini juga bisa memberikan beban yang berat. Pada sistem operasi Windows 7, beban terberat berada pada pilihan lebih dari 200 font pada startup yang dapat memperlambat kecepatan di mana ketika perangkat Anda melakukan boot up. Untuk mengatasi hal ini pergi ke kotak pencarian Start Menu itu, cari folder Fonts dan beri tanda untuk semua font yang tidak Anda perlukan, dan klik tombol “Hide” pada toolbar.

cara membuang font yang tidak perlu pada komputer
Kurangi font yang tidak perlu untuk membuat komputer lebih cepat

Tambahkan RAM

RAM, yang merupakan singkatan dari Random Access Memory, adalah memori penyimpanan sementara yang digunakan oleh komputer Anda dan digunakan ketika sedang menjalankan program yang berbeda. Maka dari itu, semakin banyak program yang Anda jalankan, maka semakin banyak RAM yang Anda butuhkan, dan komputer Anda lambat akan jika Anda tidak memiliki cukup RAM di dalamnya.

Sebuah indikator yang jelas bahwa Anda tidak memiliki RAM yang cukup adalah jika komputer Anda melambat setiap kali Anda mencoba dan memproses file besar, atau membeku tiba-tiba komputer Anda freeze setiap kali Anda melakukan beberapa pekerjaan sekaligus. Anda juga dapat menambahkan lebih banyak RAM dengan membeli beberapa slot RAM. Untuk kebanyakan orang, RAM dengan kapasitas 4GB sangatlah lebih dari cukup untuk melakukan tugas sehari-hari terlebih untuk sistem operasi 64-bit.

Anda juga dapat mengetahui berapa banyak RAM yang tersisa pada komputer Anda dengan melihat ke dalam tab Performance pada jendela Task Manager (tekan Ctrl-Shift-Esc untuk memunculkan jendela Task Manager).

Jalankan Disk Defragment

Kedengarannya rumit, tapi ini pada dasarnya adalah cara terbaik untuk melakukan konfigurasi ulang bagaimana hard drive Anda menyimpan informasi untuk efisiensi yang maksimum. Pergi ke “My Computer”, klik kanan pada hard drive dan pilih “Properties”. Di bawah tap “Tools” pilih “Defragment Now”.

cara defrag komuter supaya lebih cepat
Defragment sebagai salah satu cara ampuh membuat komputer lebih cepat

Jalankan Disk Clean Up

Windows juga menyertakan sebuah tools built-in yang disebut “Disk Cleanup”.

Program ini file besar yang tidak perlu seperti file temporary dari internet, installer program dan sebagainya. Untuk menjalankan Disk Cleanup Anda bisa pergi ke “Start > All Programs > Accessories > System Tools > Disk Cleanup”.

Membersihkan Debu

Membersihkan debu pada laptop atau komputer Anda juga akan membantu mempercepat kinerja dari laptop atau komputer Anda. Debu dapat menghambat aliran udara, yang sangat penting untuk menjaga suhu komputer Anda tetap dingin, dan jika komputer Anda terlalu panas, kemungkinan akan memperlambat kinerja untuk mengatasi tugas yang dibebankan kepadanya.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *