Tips Merawat Baterai Laptop

Baterai laptop merupakan komponen penting bagi laptop anda. Namun seringkali kita salah dalam merawat baterai laptop kita. Sehingga seringkali baterai menjadi cepat habis atau drop. Bahkan ada pula baterai laptop yang sudah tidak bisa berfungsi lagi karena cara pemakaian yang salah. Lalu bagaimana cara merawat baterai laptop agar   tetap awet?merawat batrei laptop biar awet

Berikut ini akan kami berikan tips merawat baterai laptop :
1. Jika laptop anda masih baru sebaiknya jangan menggunakan laptop terlebih dahulu sebelum di charge hingga baterai terisi penuh. Butuh waktu sekitar 4-6 jam untuk membuat baterai laptop penuh.
2. Jika sedang dalam keadaan santai ataupun sedang di rumah sebaiknya lepaskan baterai laptop dan menggunakan listrik langsung saja tanpa baterai.
3. Usahakan untuk tidak menggunakan laptop secara berlebihan. Maksudnya adalah tidak menggunakan laptop seharian penuh.
4. Gunakan Cooling Pad atau kipas laptop agar suhu laptop tetap terjaga dan tidak membuat laptop menjadi panas.
5. Ketika anda sedang menonton film dari laptop atau sedang mengetik usahakan nonaktifkan segala jaringan nirkabel seperti wifi dan juga Bluetooth. Karena dengan menonaktifkan jaringan nirkabel akan menghemat daya baterai anda.
6. Kurangi tingkat kecerahan layar pada LCD laptop anda. Hal ini juga dapat menghemat penggunaan daya yang berlebihan pada laptop anda.
7. Nonaktifkan screen saver anda, karena screen saver memiliki daya yang cukup tinggi bagi laptop yang setara seperti menonton video pada laptop.
8. Lepaskan segala perangkat seperti USB, Hardisk Eksternal ataupun mouse nirkabel. Perlu kita ketahui bahwa perangkat-perangkat ini akan memakan daya yang ada pada laptop. Jadi apabila tidak digunakan sebaiknya dilepas saja.
9. Hindari menghidupkan laptop jika dalam keadaan masih dicharger. Tunggulah laptop sampai baterai benar-benar penuh jika ingin menghidupkan.
10. Jangan biarkan baterai kosong hingga 0%, segeralah charge baterai ketika baterai sudah hamper habis.
11. Saat mendengarkan music usahakan menggunakan headset. Karena speaker laptop juga dapat memakan daya yang cukup besar apalagi jika volumenya dibesarkan.

Demikian tips merawat baterai laptop, bagi anda yang ingin terhindar dari masalah baterai yang drop bahkan tidak berfungsi segeralah diaplikasikan tips ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *