Tutorial Teknisi Komputer

Tidak sedikit dari kita yang mempuyai komputer namun hanya sebagai user, memanfaatkan rumus rumus excel, menggunakan Word Processor untuk mengetik. Pendeknya hanya tahu bagaimana cara mamakai atau mengoperasikannya, namun tidak paham komponen-komponen hardware dan software komputer dan bagaimana memperbaikinya bila terjadi kerusakan. Maka kita akan dibiasakan dengan meminta bantuan teknisi komputer atau mendatangi tempat servis komputer untuk memperbaikinya. Padahal, siapa tahu kerusakan yang terjadi tidaklah terlalu rumit dan seharusnya bisa diperbaiki sendiri. Alangkah bijaknya bila anda tidak hanya jadi pemakai namun juga bisa jadi teknisi bagi komputer anda sendiri. Berikut kami bagikan tutorial teknisi komputer terlengkap dan termudah.komputer yang sedang diperbaiki
Pada dasarnya, kerusakan komputer dibagi ke dalam du jenis, yaitu kerusakan hardware atau perangkat keras dan software atau perangkat lunak. Berikut ulasannya.

  • Periksa terlebih dahulu apakah daya listrik sudah terpasang dan berfungsi dengan baik.
  • Cek Power Supply Unit (PSU) atau stavolt, bila mengalami kerusakan ganti saja.
  • Pastikan kabel power motherboard sudah terpasang dengan benar
  • Bila saat menekan tombol power lampu led menyala namun monitor tidak menampilkan gambar, cek apakah monitor berfungsi dengan baik, lalu lepas semua kabel power lalu coba hidupkan kembali
  • Bila anda menyalakan komputer namun yang tampil pada monitor hanya program BIOS atau terdapat pesan “No System Disk/ Invalid Disk” lakukan deteksi hardisk pada BIOS dan scandisk pada program starupdisk. Bila masih terjadi hal yang sama lakukan install ulang OS.
  • Bila OS tidak loading dengn tampilan yang normal, jalankan OS dengan tampilan safe mode kemudian jalankan program utiliti.
  • Bila tampilan di monitor tidak seperti biasanya, cek terlebih dahulu display setting-nya. Bila tetap sama, lakukan pengecekan apakah monitor anda masih berfungsi dengan baik.
  • Bila PC anda sering hang, kemungkinan adalah suhu processor terlalu panas. Bila ini terjadi, ganti kipas pendinginnya. Bila karena virus, jalankan program antivirus.

Demikian ulasan singkat tentang  tutorial teknisi komputer terlengkap dan termudah. Terima kasih semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *