Fungsi FORECAST Pada Excel Lengkap Dengan Contoh

Fungsi FORECAST Pada Excel Lengkap Dengan Contoh – Dalam dunia komputerisasi, ada salah satu program yang begitu populer dan banyak diandalkan bagi mereka yang bekerja dalam dunia administrasi, yup aplikasi tersebut adalah Microsoft Excel. Aplikasi pengolah angka ini merupakan andalan semua orang dalam melakukan pekerjaan yang ada kaitannya dengan pengolahan data berupa angka.

Didalam Microsoft Excel ini memiliki tampilan ribuat bahkan jutaan kolom yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai data anda, dan Microsoft Excel ini mampu menampung jutaan data anda dalam 1 sheet saja.

Microsoft Excel ini telah dibekali dengan berbagai rumus excel maupun fungsi tertentu yang akan memudahkan para penggunannya dalam melakukan hitungan nantinya. Semua rumus yang ada didalamnya ini memiliki fungsi yang berbeda-beda, sehingga anda harus jeli memilih rumus sesuai dengan kebutuhan anda.

Nah untuk kesempatan kali ini, kami ingin mengulas tentang salah satu rumus atau fungsi dari Microsoft Excel yang mungkin anda membutuhkannya, rumus tersebut ialah Fungsi Forecast. Nah mungkin anda masih belum begitu familiar ya dengan rumus yang satu ini? tenang saja, kami akan mengulasnya untuk anda semua.

Fungsi FORECAST merupakan salah satu rumus yang ada pada Excel dan bisa digunakan untuk mengembalikan sebuah nilai disepanjang tren linier. Fungsi FORECAST ini secara mengejutkan bisa mengubah software Excel menjadi sebuah mesin prediksi dimana untuk hasilnya nanti sangat bisa untuk diandalkan.

Meskipun hasil dari perhitungan ini nantinya tidak 100% benar, akan tetapi dengan teknik penggunaan Fungsi FORECAST pada Excel ini setidaknya akan membantu anda dalam menciptakan sebuah target dari sini.

Sintaks dari Fungsi FORECAST ini adalah:

=FORECAST(x, known_y’s, known_x’s)

  • X: titik data yang ingin anda cari prediksinya
  • Known_y’s: array atau rentang data terikat
  • Known_x’s: array atau rentang data bebas

Sebelum kita mulai mengerjakan contoh untuk Fungsi FORECAST, ada beberapa peraturan yang harus anda ketahui terlebih dahulu, diantaranya:

  • Jika angka yang terdapat didalam sel adalah non numerik, maka Fungsi FORECAST ini nantinya akan mengambalikan nilai kesalahan menjadi #VALUE!
  • Apabila Known_y’s dan known_x’s ini kosong maupun isinya adalah jumlah titik yang berbeda, maka Fungsi FORECAST ini akan memberikan nilai kesalahan #N/A
  • Apabila varians known_x’s nilainya sama dengan nol, maka Fungsi FORECAST ini akan mengembalikan nilah kesalah jadi #DIV/0!
  • Untuk fungsi FORECAST ini memiliki persamaan sebagai berikut :

 

  • Dalam rumus diatas diartikan, dimana X dan Y meripakan sempel berati VERAGE (known_x’s) dan Average (Known_y’s).

Nah setelah mengetahui beberapa peraturan yang ada diatas, kini saatnya kita masuk dalam contoh soal agar anda bisa lebih memahami mengenai Fungsi FORECAST kali ini.

Langkah pertama, silakan anda buat tabel seperti dibawah ini. Dalam contohnya kali ini kita ambil dari sebuah toko roti yang mampu menyediakan banyak sekali produk setiap harinya.

 

 

Pada bagian kolom A kita gunakan sebagai jumlah mesin yang digunakan untuk membuat roti, sementara pada kolom B kita gunakan jumlah roti yag diproduksi.

Jika semua sudah selesai, lalu pada bagian kolom C kita masukkan rumus berikut ini: =FORECAST(30,A2:A6,B2:B6), lalu tekan enter

 

 

Dengan menggunakan Fungsi FORECAST ini maka anda pun sudah bisa mengetahui kemampuan mesin anda agar bisa mencapai target maksimal secara mudah dan cepat nantinya.

Nah itu tadi sedikit ulasan dari kami tentang Fungsi FORECAST pada Excel yang bisa kami bagikan, semoga bermanfaat untuk anda semua ya.