Harga Laptop dan Notebook Hingga Kesulitan Membedakannya

Selain perbedaan harga laptop dan notebook yang menjadi perbincangan, ada juga yang masih belum bisa membedakan secara detail perbedaan fisik dan komponen dari laptop dan notebook itu sendiri. Berkembangnya laptop, notebook, hingga netbook dan ultrabook serta jenis gadget lainnya di pasaran terjadi karena ada perkembangan teknologi yang semakin maju. Kemunculan banyak pilihan ini semakin membingungkan konsumen bukan karena penawaran harganya yang beda tipis satu sama lain saja, tapi bingung tidak tahu bedanya.

Harga Laptop dan Notebook

Membedakan laptop dan notebook atau netbook sebelum harga laptop dan notebook itu sendiri, kita bisa lihat langsung dari ukurannya. Untuk notebook hanya 12 hingga 18 inchi, netbook 7 hingga 12 inchi, sedangkan laptop lebih besar dan tebal dibandingkan ukuran notebook. Spesifikasi jelas menjadi pembedanya. Prosesor atom, grafis, serta daya tahan baterai saja beda. Netbook lebih terbatas untuk pembeda tersebut, sehingga penggunaannya pun terbatas dan cocok digunakan untuk multimedia yang ringan, mengolah dokumen, dan aktivitas internet saja. Harganya dibanding notebook dan laptop tentu saja lebih murah. Anak-anak sekolah dengan keperluannya yang belum besar akan gadget ini biasanya cukup dengan netbook saja. Tapi, untuk beberapa merk netbook, ada juga yang mahal dengan spesifikasi yang lebih lengkap dan canggih.

Selanjutnya untuk notebook, hardisk yang menjadi komponennya lebih besar serta cepat kapasitas dan kerjanya. Grafis, RAM, dan prosesor lebih tinggi. Spesifikasinya hampir sama dengan computer. Harga notebook sendiri ada yang mencapai angka puluhan juta. Tergantung dari merk dan juga spesifikasinya. Karena hal inilah tidak jarang ada yang menyamakan bahwa notebook dan laptop sama saja. Melihat, spesifikasi laptop yang juga bisa dikatakan hampir sama dengan computer dan dengan teknologi yang lebih baik dibuat semakin sempurna. Hingga lahir deretan merk dengan harga dan spesifikasinya masing-masing. Selain itu, untuk masalah perbedaan ukuran yang lebih besar dan tebal. Laptop kini hadir dengan tampilan desain lebih ramping dan ringan dibawa kemana-mana, semakin sulit bagi orang membedakannya. Karena kesulitan perbedaan ini, di Indonesia sendiri notebook ternyata diketahui lebih laris dibandingkan dengan laptop. Larisnya gadget ini juga didukung harga laptop dan notebook yang tidak jauh berbeda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *