Processor 64-bit Untuk Smartphone Android Hadir Akhir Tahun 2014

Pertama kalinya arsitektur chip 64-bit di populerkan oleh Apple lewat produk iPhone dan iPad terbaru. Chip A7 yang merupakan racikan Apple sendiri ternyata langsung membuat vendor chip lain seperti kebakaran jenggot. Belum lagi vendor smartphone itu sendiri seperti Samsung, Sony, HTC, LG, Huawei yang ternyata sekali lagi Android tertinggal dari teknologi iOS.

Dengan begitu kini iOS merupakan satu-satunya sistem operasi mobile yang sudah support dengan processor tipe 64-bit. Hanya saja ternyata saat iPhone terbaru tersebut diluncurkan, Apple tidak mengoptimalkannya dengan besaran RAM hingga 4 GB. Walaupun begitu teknologi processor 64-bit telah mendorong produsen chip Qualcomm untuk turut serta meluncurkannya.
Processor 64 bits untuk Android
Bahkan Qualcomm meraciknya dengan lebih baik lagi sehingga kini Cortex-A53 64-bit support juga dengan teknologi big.LITTLE yang dipopulerkan oleh processor Exynos besutan Samsung. Dengan begitu sebentar lagi processor 64-bit akan menyambangi sistem operasi Android. Hal ini pun diungkap sendiri oleh Tom Lantzch, salah seorang eksekutif ARM yang menyatakan bahwa minat terhadap processor 64-bit meningkat setelah pertama kalinya dipopulerkan oleh iPhone.

Padahal awalnya chip Cortex-A53 64-bit tersebut hanya ditunjukan untuk lingkungan server korporat, hingga akhirnya kini mulai diadopsi oleh Qualcomm untuk perangkat mobile. Nah Lantszch juga sudah memprediksi bahwa chip 64-bit akan segera hadir saat liburan Natal mendatang.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *