Sejarah Software Komputer

Waktu ikut kursus komputer jaman dulu selalu ditekankan bahwa ada 3 hal penting yang harus diperhatikan yaitu hardware, software, dan brainware. Microsoft Office Excel adalah salah satu software andalan perusahan perangkat lunak Microsoft yang berlogo jendela itu. Bagaimana awal mula sejarah software komputer itu?  Mari kita ikuti ulasan ringan berikut ini.
Software komputer merupakan kumpulan dari perintah maupun kalimat yang ditata dalam bentuk kode, yang hanya bisa dipahami oleh komputer. Perkembangan software dimulai pada tahun 1935 yang diawali oleh Alan Turing tentang nomor esai komputasi, dengan masalah keputusan Entscheidungs problem. Software diusung pertama kali pada tahun 1958 oleh W. Turkey. Dalam istilah ilmu komputer, software didefinisikan sebagai segala informasi yang diproses oleh sistem dalam komputer, dan data. Software atau perangkat lunak tidak dapat dilihat secara fisik maupun disentuh, namun bisa digunakan dengan cara pengoperasian.Pengeritan dan sejarah software komputer
Pada tahun 1945 hingga 1965 terdapat dua konferensi yang disponsori oleh komite sains NATO terkait rekayasa perangkat lunak. Selanjutnya sekita tahun 1965-1985 banyak terjadi permasalah terkait perangkat lunak, karena banyak proyek yang gagal dalam perangkat lunak salah satu contohnya meledaknya roket ariane. Pada tahun 1985 berbagai macam teknik, alat, metode dimanfaatkan dan diciptakan untuk memcahkan kasus kegagalan perangkat lunak pada masa sebelumnya, sampai pada tahun 1987 artikel “No Silver Bullet” ditulis oleh Fred Brooks yang berpendapat bahwa tidak ada perkembangan alat maupun perangkat lunak yang bisa melebihi perkembangan perangkat lunak.
Mengenai software komputer, definisi dan sejarahnya, berangsur-angsur mengalami perkembangan yang signifikan di masing-masing eranya. Berikut ini beberapa era perkembangan software atau perangkat lunak.
Pertama, era pioneer, pada masa ini software atau perangkat lunak komputer berupa sambungan-sambungan kabel ke antar bagian di dalam komputer itu sendiri, dalam pengaksesan komputer dibunakan kartu berlubang yang disebut punched card. Pada masa ini tidak ada perbedaan posisi atau letak dari hardware maupun software.
Kedua, Era stabil, pada masa ini lebih disoroti terkait pemanfaatan software komputer. Proses yang dilakukan sudah banyak secara bersamaan (multi tasking), sehingga tidak seperti masa sebelumnya yang dijalankan satu-satu. Sudah banyak perkembangan pada era ini antara lain mampu menyelesaikan banyak masalah dengan cepat, serta pada era inilah program dan data dipisahkan.
Ketiga, Era Mikro, di era mikro ini perangkat lunak atau software komputer dibagi dalam beberapa kelompok antara lain Software sistem, contohnya windows, linux, dsb. Software aplikasi contohnya Microsoft office, OpenOffice, dsb. Dan Software bahasa pemrograman, contohnya delphi, assembler, dsb.
Keempat, Era Modern, sebuah era dimana pemanfaatan software tidak hanya sebatas untuk komputer melainkan HP yang sudah dilengkapi dengan bermacam-macam fitur software yang terus berkembang semisal android, symbian, dan sebagainya. Pada era ini telah dibuktikan akan perkembangan teknologi yang sangat pesat.
Terimakasih telah bersedia menyisihkan waktu Anda untuk menyimak isi ulasan artikel di atas. Semoga isi ulasan artikel tentang software komputer, definisi dan sejarahnya yang telah dijelaskan di atas, bermanfaat  bagi pembaca dan bisa jadi referensi yang tepat untuk Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *